Jumat, 13 Juli 2012

IBADAH DI BULAN RAMADHAN

Bismillahirochmanirrokhim…
Allohuakbar..3x
Subhanallah sebentar lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan..
Ehm kalau tidak nih ya kita akan melakukan ibadah puasa tanggal 19 Juli 2012 (tanggalan nasional).
Ya Allah setahun sungguh cepat berlalu. Apakah yang sudah kita lakukan selama setahun itu sudah memberikan kontribusi penting untuk hidup kita dan bagi orang lain…?
Kontribusi dalam hal ini adalah peran andil kita untuk membuat orang senang, tidak menyakiti dan memperbaiki ibadah kita kepada Allah SWT..
Apakah itu saja..?? sesungguhnya tidak masih banyak lagi kontribusi dalam kehidupan kita yang belum kita lakukan untuk memenuhi keinginan keluarga ataupun kebahagiaan sesama.
Tetapi itu semua merupakan sebuah kehidupan yang harus kita jalani. Suka atau tidak suka, karena semua diatur oleh ketentuan Allah SWT. Yang terpenting adalah keikhlasan dalam menjalani semua. Berusaha untuk menjadi manusia yang baik. Kadang kalau kita ingat kita sadar untuk bisa melakukan perbuatan baik, tapi kalau lupa ya lupa deh..heheh
Astaghfirulahaladzim…
Di bulan ramadhan yang penuh berkah, rahmat dan ampunan ini kita akan melaksanakan ibadah puasa. Apakah dengan puasa saja..?
Tentunya kita harus bisa melakukan ibadah-ibadah lain. Seperti mengaji, sholat malam, dhuha, sedekah dll. Ibadah puasa memang wajib hukumnya.
Seperti dijelaskan didalam Ayat Al-Qur’an Surat Al-Baqoroh 183-184



يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ {183}
أَيَّامًا مَّعْدُودَاتٍ فَمَن كَانَ مِنكُم مَّرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ أَيَّامٍ أُخَرَ وَعَلَى الَّذِينَ يُطِيقُونَهُ فِدْيَةُ طَعَامُ مِسْكِينٍ فَمَن تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرُُ لَّهُ وَأَن تَصُومُوا خَيْرُُ لَّكُمْ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ {184}

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertaqwa. (Yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barangsiapa di antara kalian ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka) maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu) memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagi kalian, jika kalian mengetahui".
Dibulan puasa ini senantiasa kita menjadikan diri kita menjadi pribadi yang istiqomah didalam menjalankan ibadah puasa dan ibadah –ibadah lain.
Setiap malam atau diwaktu luang sempatkan kita mengaji Al-Qur’an. Dan perbanyak sedekah. Sedekah bukan hanya dengan uang tetapi dengan membantu sesame dengan nita ikhlas lillahi ta’ala inysallah kita akan mendapatkan ridho pahalanya.
Dibulan puasa ini teduhkan hati dan menjaga hati dari sifat pemarah, sombong, egois atau menyakiti perasaan orang lain baik dengan sengaja maupun tidak sengaja. Ingatlah ketika kebaikan yang kita lakukan dibulan ramadhan pahala kita akan dilipatgandakan begitu juga sebaliknya apabila kita berbuat keburukan dosa kita akan dilipatgandakan juga.
Naudzubillah..
Nah dari ulasan singkat diatas, semoga bermanfaat dan menjadikan kita menjadi pribadi yang humble dan istiqomah dalam menjalankan syariat islam. Menjauhi semua larangan Allah dan mentaati semua printah Allah SWT..
Berlomba-lombalah dalam hal kebaikan, ingat setiap tindakan kita akan dipertanggungjwabkan di akherat kelak…
Waspadalah waspadalah..!!!
Usahakan sesudah sholat magrib dan setelah habis subuh membaca doa selamat ya akhi/ukhti.. biar hari-hari kita menjadi berkah..Amin ya Robb
ALLOOHUMMA INNA NAS ALUKA SALAAMATAN FIDDIIN, WA 'AAFIYATAN FIL JASADI, WA ZIYAADATAN FIL 'ILMI, WA BAROKATAN FIR RIZQI, WA TAUBATAN QOBLAL MAUT, WA ROHMATAN 'INDAL MAUT, WA MAGHFIROTAM BA'DAL MAUT, ALLOOHUMMA HAWWIN 'ALAINAA FII SAKAROOTIL MAUT, WAN NAJA

=> “ Ya Allah sesungguhnya kami memohon keselamatan kepadaMu dalam agama, memohon kesejahteraan atau kesehatan jasmani, memohon tambahan ilmu pengetahuan, memohon rizki yang diberkahi, memohon diterimanya taubat sebelum tiba kematian, mohon mendapatkan rahmat ”
Alhamdulillah..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Salam dulu yach..